E HOUSE: A HUMBLE DESIGN WITH SIMPLICITY AND TROPICAL VIBES

E HOUSE

Halo, pada kesempatan kali ini kami, LNA and Associates, ingin membagikan sebuah proyek yang kami selesaikan pada tahun 2023, E House. Meski diibangun di tengah hiruk pikuk Jakarta, E House menawarkan sebuah oase tropis yang menawan.

Tampak Luar

Tampak-Luar-2
Tampak-Luar-3
Tampak-Luar-1

Pada bagian luar, rumah ini mengusung kesederhanaan bentuk melalui massa kotak putih yang dipadukan dengan gubahan massa kotak kayu, sentuhan yang menciptakan ikon tersendiri bagi E House.

Sebagaimana pemilik menginginkan rumah yang tidak terlalu memperlihatkan kemegahan yang terlalu kontra, melainkan tampilan sederhana dan ramah dengan lingkungan sekitarnya. Kami menambahkan aksen warna putih pada bagian eksterior rumah sebagai elemen utama fasad, menciptakan kontras yang menarik dengan massa kotak putih

Tampak Dalam

Tampak-Dalam-2
Tampak-Dalam-1

Setelah  menggabungkan sentuhan kontemporer minimalis pada eksteriornya, E House menghadirkan kehangatan tropis modern di bagian dalamnya. Sebuah perwujudan dari impian pemiliknya yang mendambakan tempat yang mencerminkan nuansa tempat healing seperti villa-villa resort di Bali.

Tampak-Dalam-3
Tampak-Dalam-4
Tampak-Dalam-5

Dengan inner court dan void di tengah-tengah, cahaya alami dan sirkulasi udara tetap terjaga, menciptakan suasana terbuka layaknya villa. Dalam penggunaan warna pada rumah ini, kami memilih untuk menciptakan kesan tropis yang hangat dan alami. Material-material yang kami gunakan, seperti beton dan kayu, adalah pilihan yang khas untuk mencapai nuansa ini. 

Warna putih tidak hanya hadir di luar rumah, tetapi juga terbawa ke dalam ruangan. Paduan warna putih, beton, dan kayu menciptakan harmoni yang menenangkan dan elegan di dalam rumah. Selain itu, kami juga menambahkan unsur bata ekspos pada ruang terbuka seperti taman dan inner court, menambahkan sentuhan alami yang kental. 

Pemilihan Warna

Pemilihan warna konkrit juga menjadi pertimbangan yang penting. Meskipun concrete adalah material utama, beberapa dinding menggunakan cat yang menyerupai konkrit. 

Keputusan ini diambil untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan konstruksi, terutama dalam hal menambal sulam dinding. Dengan demikian, meskipun tetap mempertahankan estetika contrete, penggunaan cat menyerupai konkrit memberikan tampilan yang rapi dan konsisten pada dinding-dinding rumah.

Pilih-warna-1
Pilih-warna-2
Pilih-warna-3

Lantai Dasar

Lantai dasar menyajikan ruang publik yang hangat dan mengundang. Ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tamu menjadi tempat menyambut tamu dengan hangat. Inner court dan kolam renang di bagian belakang rumah menambah kesan terbuka dan santai, memberikan nuansa yang menyegarkan bagi penghuni rumah.

Selain itu, ruang hangout yang terletak antara ruang keluarga dan inner court memberikan ruang bersantai yang nyaman. Di sini, anggota keluarga dapat membaca, menonton TV, atau sekadar bersantai bersama dalam suasana yang menyenangkan.

Lantai-Dasar-1
Tampak-Dalam-4
Tampak-Dalam-5

Lantai 1

Lantai-1
Lantai-1-2
Lantai-1-2

Sementara itu, lantai 1 menawarkan ruang yang lebih luas dan pribadi. Inner court diperluas menjadi ruang keluarga yang luas, menjadi tempat ideal untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. 

Pada bagian ini juga terdapat ruang pribadi, dimana kamar-kamar tidur utama terletak di lantai atas, menawarkan tingkat privasi yang tinggi bagi penghuninya. Kamar utama menjadi sorotan dengan dua sisi terbuka yang menghadap langsung kolam renang dan inner court, memberikan penghuni kesempatan untuk menikmati pemandangan yang menenangkan dan suasana yang nyaman.

Proses Desain

Proses desain rumah ini memakan waktu sekitar 3-4 bulan, sementara pembangunan mencapai 5-6 bulan. Semua dimulai dari menerima permintaan dan kebutuhan pemilik rumah, dilanjutkan dengan survei lahan dan analisis kondisi. 

Tim desain kemudian merancang ruang-ruang dan layout yang tepat, sebelum memperdalam detail-detail seperti gubahan massa, fasad, dan interior. Diskusi intens antara arsitek dan pemilik rumah menjadi kunci kesuksesan proses desain.

Akhir kata, E House adalah perpaduan elegan antara kontemporer minimalis dan tropis modern. Dibangun dengan mengutamakan kebutuhan dan impian pemiliknya, rumah ini bukan sekadar tempat tinggal, melainkan ruang yang mencerminkan kedamaian dan kehangatan. Meski berdiri di atas lahan yang terbatas, rumah ini mampu mengakomodasi kebutuhan pemiliknya. Melalui sentuhan desain yang cermat dan proses yang teliti, E House menjadi bukti bahwa rumah bukan hanya bangunan, melainkan cerminan dari impian dan gaya hidup pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *